------====++++MAKASIH DAH MAMPIR DI BLOGKU++++====------ ------====++++ini blog gokil abizz, jangan lupa komen++++====------
minibannerfreetips
anda pengunjung ke: HTML Counter
Web Counters
sekarang pukul:

About Me

Diberdayakan oleh Blogger.
Selasa, 23 November 2010
 4 letusan gunung paling dahsyat
1. Gunung Vesuvius

Gunung berapi aktif ini terletak di teluk Maples di Italia selatan. Sejauh yang diketahui, Vesuvius telah meletus 30 kali. Letusan yang paling terkenal terjadi pada tahun 78 Masehi, letusan lava dan abu selama berhari-hari, mengubur Pompeii dan Stabiae dengan abu. Pompei hilang selama 1.600 tahun.

Seorang penulis, Plinius Muda (Pliny the Younger) menggambarkan letusan tiba-tiba itu diikuti selubung tebal debu yang menjatuhkan orang-orang yang berusaha lari. Korban jiwa sebenarnya dari letusan ini tidak diketahui, namun menurut arkeolog, ada sekitar 1.000 orang.

2. Krakatau

Pada 1883 Gunung Krakatau meletus. Kekuatannya sangat menggerikan, 13.000 kali kekuatan bom atom. Suara ledakan dan gemuruh bebatuan yang dimuntahkan bisa didengar dari jarak ribuan mil, bahkan sampai pulau-pulau kecil di laut Afrika Timur.

Ratusan orang di Pulau Sumatera tewas seketika saat debu panas menerjang rumah mereka, prahara tak sampai di situ. Letusan Krakatau memicu mega-tsunami. Diperkirakan lebih dari 36.000 jiwa tewas saat itu. Dan banyak korban yang tidak bisa dikuburkan.

Berbagai cerita menarik tertulis dalam buku Krakatau When The Day The World Exploded. Konfirmasi letusan Krakatau paling awal berasal dari sumber yang sama sekali tidak diduga, yaitu dari pabrik pemasok gas untuk Kota Batavia (sekarang Jakarta) yang terletak di sebelah selatan kota itu. Pada waktu itu pasokan gas digunakan untuk penerangan jalan.

Ketika letusan terjadi pada tanggal 27 Agustus 1883, seorang pengawas pabrik melihat perubahan naik turun yang sangat cepat pada gasometer. Perubahan ini akibat perubahan tekanan atmosfer. Catatan perubahan tekanan atmosfer itu dan juga waktu perubahan tekanan itu kini yang digunakan para ahli untuk meneliti letusan Krakatau itu. Catatan asli dari perubahan tekanan itu masih ada.
Letusan Krakatau juga melemparkan kapal yang tidak jauh berada di tempat itu. Sial bagi Kapal Berouw, kapal milik Belanda yang dilengkapi berbagai jenis senjata, yang terlempar hingga satu setengah mil ke arah hulu Sungai Kuripan di Lampung.

Beberapa bulan setelah itu sejumlah tim penyelamat sempat mendatangi kapal itu, namun kemudian mendiamkan bangkai kapal itu. Sampai tahun 1980-an dilaporkan masih ada sebagian kecil bangkai kapal itu. Penduduk setempat mengambil bagian-bagian kapal itu sebagai besi tua.

Dari tiga letusan gunung api di Indonesia cukup menjadi bukti bahwa Indonesia merupakan wilayah yang rawan bencana. Beberapa kalangan malah menyebut sebagai laboratorium bencana. Di banyak negara kajian mengenai tiga letusan itu tetap dilakukan di beberapa perguruan tinggi.

3. St Helens

Gunung ini paling terkenal akan letusannya yang terjadi pada 18 Mei 1980. Letusan tersebut merupakan letusan gunung berapi terparah baik dari segi kekuatan letusan maupun kerugian ekonomi sepanjang sejarah Amerika Serikat. 57 orang tewas, dan puncak gunung berkurang dari 2.950 meter menjadi 2.550 m. Lokasi letusan kini menjadi kawasan Monumen Nasional Gunung Berapi Gunung St. Helens.

4. Tambora

Data Volcanic Explosivity Index (VEI), indeks letusan gunung yang mirip skala Richter untuk mengukur kekuatan gempa pada skala 1-8.

Letusan Gunung Tambora pada 1815 ada pada skala 7. Itu artinya sangat merusak. Ledakan Tambora membuat kawasan Sumbawa dan sekitarnya berada dalam kegelapan. Puluhan ribu orang tewas akibat dampak letusan, tsunami, menyusul kemudian, kelaparan dan penyakit.

Kekuatan letusan Tambora adalah yang terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah. Panas yang menyembur melubangi atmosfer dan mengubah iklim dunia. Tak ada musim panas pada 1816 di Eropa dan Amerika Utara 'the year without summer'. Tambora turun ke dalam tanah beberapa ribu kaki, meninggalkan kawah besar di puncaknya.

0 komentar:

Posting Komentar

Widget SMS Gratis


Entri Populer